Sabtu, 01 Oktober 2016

Membahas Tentang Sistem Informasi dan Teknologi Informasi




Nama : Siti Alifah Nurjanah
Kelas : 2KA01
NPM : 16115596
Jurusan : Sistem Informasi




A. Definisi Sistem Informasi dan Teknologi Informasi

    a) Definisi Sistem Informasi
        Menurut para ahli :
        1.) James A. O'Brien (2007:45) Management Information Systems-10th edition. Palgrave, Basingstoke : Sistem informasi adalah gabungan terorganisasi dari manusia, perangkat lunak, perangkat keras, jaringan komunikasi dan sumber data dalam mengumpulkan, mengubah, dan menyebarkan informasi dalam organisasi.
         2.) Laudon, Kenneth C.;Laudoon, Jane P. (2007:42)Sistem Informasi Manajemen. Palgrave, Basingstoke : Sistem informasi adalah suatu sistem di dalam suatu organisasi yang mempertemukan kebutuhan pengolahan transaksi harian, mendukung operasi, bersifat manajerial dan kegiatan strategi dari suatu organisasi dan menyediakan pihak luar tertentu dengan laporan-laporan yang diperlukan.
           Pendapat-pendapat tersebut menggambarkan sistem informasi dalam prespektif yang luas. Fokus utama dari studi sistem informasi adalah disiplin ilmu tentang sistem informasi dan organisasi informatika.

    b) Definisi Teknologi Informasi
       Menurut para ahli :
       1) Haag dan Keen (1996) : Seperangkat alat yang membantu manusia bekerja dengan informasi dan melakukan tugas-tugas yang berhubungan dengan pemrosesan informasi.
    2) Williams dan Sawyer (2003) : Teknologi yang menggabungkan komputasi (komputer) dengan jalur komunikasi kecepatan tinggi yang membawa data, suara, dan video.
       Dari definisi diatas, ternyata teknologi informasi merupakan hasil konvergensi antara teknologi komputer dengan telekomunikasi. Banyak diantara kita, berpendapat bahwa TI dan SI adalah hal yang sama. Namun sebenarnya, teknologi informasi hanyalah bagian dari sistem informasi.

B. Sejarah Sistem Informasi dan TI

Ada empat tahapan perkembangan yaitu :

Periode pertama: Pra Mekanik

Pada periode ini, komunikasi menggunakan simbol untuk menyampaikan informasi. Pada tahun 3000-2000 SM, manusia menggunakan gambar juga untuk menyampaikan pesan. Contohnya adalah Bangsa Yunani Kuno mengadaptasi simbol milik bangsa Fenisia dengan menambahkan huruf vokal yang membuatnya mudah digunakan. Bangsa Romawi Kuno kemudian memakainya juga, yang mana saat ini menjadi alfabet yang kita kenal dan gunakan saat ini. Setelah itu, ada bangsa Mesir Kuno yang menciptakan sistem angka, sehingga juga mengarahkan pada penemuan alat bantu hitung yang disebut abakus.      


Periode kedua: Mekanik


Masa ini termasuk dalam masa abad pertengahan. Dimana orang sudah menggunakan peralatan untuk menyimpan, mengolah dan merekam informasi. Salah satu penemuan terpenting dalam masa ini adalah mesin cetak Gutenburg dari Jerman. Penyampaian informasi menjadi lebih mudah dikarenakan mesin cetak dapat memproduksi tulisan yang sama dalam jumlah besar. Pada tahun 1600, komputer atau mesin hitung pertama kali diciptakan oleh Blaise Pascal. Komputer ini disebut sebagai Pascaline dan dianggap sebagai titik awal mesin menggantikan otak manusia dalam menghitung data.



Periode ketiga: Elektromekanik


Pada masa ini, penggunaan listrik untuk memberikan energi untuk menjalankan penemuan mesin sesudah Pascaline terus ditemukan. Pada periode ini pula diciptakan telepon dan kode Morse untuk digunakan dalam komunikasi jarak jauh secara langsung. Kemudian diperkenalkan komputer pertama yang digunakan untuk menyimpan program dan data pada awal 1948. Komputer tersebut adalah Dubbed Manchester Mark 1. Komputer ini adalah awal penemuan teknologi selanjutnya yang sekarang menjadi komputer, laptop, tablet dan smartphone.



Periode keempat: Elektronik

Jean Hoerni mengembangkan transistor planar pada tahun 1957. Alat ini dapat mengintegrasikan semua sirkuit yang diciptakan tahun-tahun selanjutnya. Pada tahun 1960, Departemen Pertahanan Amerika Serikat mendirikan ARPANET (Advanced Research Project Agency NETwork) yang mana ini adalah cikal bakal dari Internet yang anda gunakan sekarang ini. Pada saat itu ARPANET hanya digunakan untuk pemerintah, penelitian dan universitas. Peneliti dari MIT yang bernama Licklider memperluas ARPANET ke jaringan komputer di seluruh dunia untuk interaksi sosial. Ini terjadi pada tahun 1962. Pada tahun 1968, Andrew Grove, Gordon Moore dan Robert Noyce telah menciptakan mikrochip pertama kalinya. Mereka lalu menjual rancangan tersebut kepada intel untuk diproduksi secara massal.



C. Perbedaan Sistem Informasi dengan Teknologi Informasi
  • Sistem Informasi lebih mengacu pada pemaksimalan penggunaan software sedangkan TI lebih mengacu pada pemaksimalan penggunaan hardware.
  • Sistem informasi mencakup seluruh system yang ada, misalnya system pada teknologi informasi, teknologi manajemen, dll. Sedangkan, Teknologi Informasi hanya penunjang kegiatan Sistem Informasi.
  • TI merupakan disiplin ilmu yang menginduk pada ilmu komputer, yang pada dasarnya merupakan kumpulan disiplin ilmu dan teknik yang secara khusus menangani masalah transformasi atau pengolahan fakta-fakta simbolik (data) dengan memanfaatkan seoptimal mungkin teknologi computer. Sedangkan, Sistem Informasi adalah ilmu yang mempelajari berbagai konsep teori dan strategi penerapan sistem informasi dalam organisasi, terutama dalam kaitannya dengan proses penciptaan, pengolahan, penyimpanan, pendistribusian, dan pengawasan data/informasi/knowledge di seluruh tataran dan ruang lingkup organisasi.
D. Contoh Penggunaan Sistem Informasi dan Teknologi Informasi
  • Sistem Informasi
     1. TPS (Transaction Processing System)
          
Data yang dihasilkan oleh TPS dapat dilihat atau digunakanoleh manajer. Sistem ini bekerja pada level operasional. Input pada level ini adalah transaksi dan kejadian. Proses dalam sistem ini meliputi pengurutan data, melihat data, memperbaharui data. Sedangkan outputnya adalah laporan yang detail, daftar lengkap dan ringkasan. Transaction processing systems mencatat dan memproses data hasil dari transaksi bisnis, seperti penjualan, pembelian, dan perubahan persediaan/inventori. Transaction processing systems menghasilkan berbagai informasi produk untuk penggunaan internal maupun eksternal. Contoh :
  • Aplikasi Bantuan Keuangan Desa (BKD  Pemprov Jawa Timur)Aplikasi bantuan keuangan desa adalah aplikasi manajemen oprasional Program Bantuan Keuangan seluruh Desa di propinsi Jawa  timur.Aplikasi ini menangani semua proses  Mekanisme Bantuan Keuangan Seluruh desa di Jawa Timur, mulai dari proses Usulan Bantuan, Penetapan Anggaran, Perubahan Anggaran Bantuan, Pencairan Bantuan, beserta seluruh proses Pelaporan di dalamnya.

      2. OAS (Office Automation System)



         Secara sederhana konsep OAS menyambungkan beberapa peralatan IT via sebuah server. Server sebagai pusat pengendali untuk setiap workstation dan peralatan lainnya. Para pemakai (user) dapat saling berhubungan dengan pemakainya lainnya melalui server tadi. Semua informasi dan dokumen disimpan didalam server dan untuk memudahkan digunakan berbagai software yang dapat mengatur masing-masing pengguna workstation. Melalui penggunaan jaringan LAN (Local Area Network) dan Intranet serta Internet seorang user/pemakai akan dapat berkomunikasi dengan pemakai lainnya tanpa ditentukan/dibatasi oleh jarak dan waktu. Contoh : Dekstop Publishing, Electronic Calendar, Email, Electronic Spreadsheet.

       3. SIM ( Sistem Informasi Manajemen)



        SIM tidak menggantikan TPS , tetapi mendukung spektrum tugas-tugas organisasional yang lebih luas dari TPS, termasuk analisis keputusan dan pembuat keputusan. SIM menghasilkan informasi yang digunakan untuk membuat keputusan, dan juga dapat membatu menyatukan beberapa fungsi informasi bisnis yang sudah terkomputerisasi (basis data). contoh : E-PROC.
    
       4. DSS (Decision Support System)

           DSS hampir sama dengan SIM karena menggunakan basis data sebagai sumber data. DSS bermula dari SIM karena menekankan pada fungsi mendukung pembuat keputusan diseluruh tahap-tahapnya, meskipun keputusan aktual tetap wewenang eksklusif pembuat keputusan.
           Menggunakan aplikasi Computer Base Information System (CBIS) untuk lingkungan kelompok, seperti: Electronic Meeting System (EMS) dan Group Decision Support System (GDSS). Sistem Pendukung Keputusan Kelompok (group decision support system), atau GDSS adalah suatu sistem berbasis komputer yang mendukung kelompok-kelompok orang yang terlibat dalam suatu tugas (tujuan) bersama dan yang menyediakan interface bagi suatu lingkungan yang digunakan bersama. Contoh : Penerapan Sistem Penunjang Keputusan (Decision Support System) Dalam Sistem Informasi Manajemen Akademik Di kampus STMIK Insan Pembangunan.

  • Teknologi Informasi
    1. Bidang Kesehatan
        Sistem yang berbasis kartu cerdas (smart card). Sistem ini dapat digunakan juru medis untuk mengetahui riwayat penyakit pasien yang datang ke rumah sakit, karena dalam kartu tersebut para juru medis dapat mengetahui riwayat penyakit pasien. Contoh lainnya ialah digunakannya robot untuk membantu proses operasi pembedahan serta penggunaan komputer hasil pencitraan tiga dimensi untuk menunjukkan letak tumor dalam tubuh pasien.

     2. Bidang Internet
       Internet merupakan alat komunikasi yang murah dimana memungkinkan terjadinya interaksi antara dua orang atau lebih. Kemampuan dan karakteristik internet memungkinkan terjadinya proses belajar mengajar jarak jauh (E-Learning) menjadi lebih efektif dan efisien sehingga dapat diperoleh hasil yang lebih baik.

      3. Sektor Perbankan
         Dalam dunia perbankan, contohnya adalah Internet Banking. Beberapa transaksi yang dapat dilakukan melalui Internet Banking antara lain transfer uang, pengecekan saldo, pemindahbukuan, pembayaran tagihan, dan informasi rekening. Bahkan penarikan uang, pengecekan saldo hingga transfer antar bank melalui mesin ATM juga merupakan pemanfaatan Teknologi Informasi dalam bidang perbankan.

      4. Bidang Bisnis
              Dalam dunia bisnis yang sangat erat kaitannya dengan transaksi jual-beli, pemanfaatan Teknologi Informasi dapat dimanfaatkan pula untuk sarana perdagangan secara elektronik atau dikenal sebagai E-Commerce.

Referensi :

http://dosen.gufron.com/artikel/pengertian-dan-definisi-teknologi-informasi/1/
https://id.wikipedia.org/wiki/Sistem_informasi
http://11650056-si.blogspot.co.id/2013/03/perbedaan-sistem-informasi-dan.html
https://hegie4689.wordpress.com/2011/03/31/perbedaan-antara-teknik-informatika-teknologi-informasi-sistem-informasi-sistem-komputer-dan-software-engineering/
http://belajar-komputer-mu.com/sejarah-perkembangan-sistem-informasi/
http://dangstars.blogspot.co.id/2012/09/sejarah-perkembangan-teknologi.html
https://getcharintegerina.wordpress.com/2012/04/19/jenis-jenis-sistem-informasi-dan-contoh-aplikasinya/








       

58 komentar:

  1. Wihh mantap fahh
    Thanks infonyaa 😊

    BalasHapus
  2. Makasih infonya, bermanfaat banget

    BalasHapus
  3. Makasih sist sangat bermanfaat buat aku:)

    BalasHapus
  4. Infonya bermanfaat banget. Makasih yaa

    BalasHapus
  5. makasih infonyaa nice article

    BalasHapus
  6. Wih Terima kasih :) Makin paham TI dan SI Thx infonya

    jangan lupa mampir ke http://otatik.blogspot.com

    BalasHapus
  7. hello alifah! artikel yang sangat bermanfaat, terima kasih.. keep writing!

    BalasHapus
  8. Nice article dan sangat bermanfaat👍🏻

    BalasHapus
  9. Cukup jelas dan mudah dimengerti, makasih infonya

    BalasHapus
  10. Wihhhhh thanks infonya, sangat bermanfaat :)

    Btw jangan lupa mampir ke http://deaclaodya.blogspot.com

    BalasHapus
  11. terimakasih banyak sissy alifah atas informasi tentang si dan ti nya

    BalasHapus
  12. informasi yang diberikan bermanfaat sekali :)

    BalasHapus
  13. Terima kasih infonya, sangat bermanfaat (y)

    BalasHapus
  14. jadi nambah info tentang si dan ti, thanks

    BalasHapus
  15. terimakasih infonya, tulisannya juga bagus (y)

    BalasHapus
  16. Terimakasih untuk artikelnya. Sangat membantu dan bermanfaat dalam menambah pengetahuan, sehingga yang ingin melanjutkan kuliah, tidak bingung lagi menentukan jurusan pilihan :)

    BalasHapus
  17. terimakasihh artikelnya sangat bermanfaat:)

    BalasHapus
  18. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  19. Terimakasih artikelnya, sangat bermanfaat dan mudah dipahami. Sangat cocok untuk yang menginginkan informasi secara instan dan cepat, penggunaan bahasa yang disampaikan pun komunikatif

    BalasHapus
  20. Thanksss kak mantep article nya :)

    BalasHapus

Jangan lupa untuk cantumkan link jika ingin meng-copy tulisan saya di blog ini. Terimakasih